LINTAS RIAU

SELAMAT DATANG DI LINTAS RIAU --- UNTUK BERGABUNG,SILAKAN ISI FORM ATAU Email ke :media.lintasindonesia@yahoo.co.id
WARTAWAN KAMI DIBEKALI KARTU PERS,SURAT TUGAS DAN TERCANTUM DI BOX REDAKSI

 

Areal Tanaman Ulang (TU) Kebun PTPN 5,

Tanjung Medan Di Duga Tanpa Kacangan.

Tanjung Medan Rohil (mLI) Seribu enam ratus hektar areal Tanaman Ulang (TU) kebun kelapa sawit sudah selesai pengerjaannya di akhir 2015.

TU ini meliputi beberapa afdeling dari enam afdeling di perusahaan plat merah,kebun PTPN5 Tanjung Medan,Kecamatan Tanjung Medan,Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Riau.

Namun tampak di sana sini,areal tanaman sawit tersebut,tanpa tanaman pelindung tanah jenis kacangan.(Mokuna),sementara kriteria pengerjaan yang di anjurkan dari Kantor Direksi (Kandir),semestinya manajemen ptpn 5 mengawasi pekerjaan kontraktor tersebut,mulai dari luku 1 luku 2 serta penumbangan plus chiping dan penanaman kacangan (Mokuna) setelah melakukan proses pelukuan yang ke dua kali,barulah penanaman mokuna,setelah itu,barulah di lakukan penanaman sawit.

Pantauan wartawan,senin 21/3/2016 ke areal tanaman sawit,persis batas antara perkampungan dengan afdeling enam ptpn5 kebun tanjung medan,tampak di sepanjang hamparan tanaman sawit hampir tidak terdapat tanaman kacangan (pendingin tanah).

Dalam pantauan wartawan, ini sudah terjadi dugaan penyalah gunaan kontraktor  yang lepas dari pengawasan, maupun bentuk kerjasama antara rekanan (kontraktor) kepada oknum oknum karpim itu sendiri.

Adapun kelemahan tersebut, lagi lagi adanya bentuk pembagian kerja di rekanan, misalnya,pengadaan Bahan bakar yang di pasok oleh salah satu karyawan ptpn 5 kebun Tanjung medan. adanya dugaan pimpinan manajemen  perkebunan ptpn5 kebun tanjung medan  berperan penting dalam mensukseskan pekerjaan kontraktor tersebut.

Alasan ini menguat pada awal penumbangan pohon sawit tahun silam,tim wartawan yang menemukan puluhan ton bahan bakar minyak jenis solar (BBM) bersubsidi,untuk penggerak eskapator  rekanan asal pekan baru.Pimpinan Manajemen ( Manajer) kebun ptpn 5 tanjung medan
> Malah bersikap arogan kepada wartawan,saat ditemukannya minyak jenis solar tersebut.

Pengawasan satuan pemeriksaan internal (SPI) enggan untuk bertindak tegas dalam pengawasannya.

Akankah perusahaan plat merah ini akan terus mengalami kerugian di masa yang akan datang???(Alpian)

 

DPRD Nilai Pemkab Rohil

Kebablasan Berikan Izin Alfamart dan Indomaret

BAGAN BATU Rohil (mLI).       Keberadaan gerai ritel Alfamart dan Indomaret di Rokan Hilir, khususnya di Bagan Sinembah memperoleh perhatian serius anggota Komisi A DPRD Rohil, Leonard Situmorang SH. Dia menilai, pemkab telah kebablasan dalam memberikan izin terhadap kedua ritel tersebut.

"Sepertinya pemkab sudah kebablasan dalam memberikan izin terhadap dua ritel tersebut. Sehingga berpotensi mematikan pelaku usaha kecil yang ada di Bagan Batu khususnya," kata Leonard kepada wartawan, Senin (14/3/2016).

Menurutnya, dalam satu desa kedua ritel tersebut berlomba membuka cabang. Sehingga pelaku usaha kecil seperti warung tradisional yang menjadi sumber kehidupan masyarakat berpotensi tutup.

Seharusnya, menurut Leonard, pemerintah bisa membatasi keberadaan kedua ritel tersebut dalam satu desa/kelurahan atau kecamatan. Sehingga keberadaannya tidak terlalu berdampak kepada pedagang kecil. "Intinya, dibatasilah. Ini satu desa ada lima buah, dua Alfamart dan tiga Indomaret, ya jelas pedagang kecil menjerit," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Rohil, Drs. H. Syarifuddin kala dihubungi wartawan Senin (14/3/2016). Menurutnya, maraknya keberradaan kedua ritel tersebut jelasnya,bisa mematikan usaha kecil yang ada. Maka itu, dirinya meminta Pemkab Rohil supaya mengatur dan membatasi ruang gerak kedua toko modern itu.

"Ini memang butuh kebijakan pemerintah daerah, karena didaerah lain ada yang sama sekali tidak bisa berdiri kedua waralaba tersebut. Seharusnya memang dipikirkan dampaknya, jangan hanya keuntungannya saja," ujar Ketua DPC PKB Rohil yang terpilih pada Muscab beberapa pekan lalu itu.

Pantauan wartawan, disepanjang Jalan Sudirman Bagan Batu terdapat tiga gerai Indomaret dan Alfamart masing-masing berada di Jalan Ahmad Yani satu gerai dan Jalan Lancang Kuning satu gerai. Selain lima gerai tersebut, di Kepenghuluan Bahtera Makmur, tepatnya di Jalan Sudirman Km 7 Dusun Simpang Pujud masing-masing satu gerai Indomaret dan Alfamart. (Alpian)

PILKADES SERRENTAK

Panitia Pilkades Kepenghuluan Balam Jaya Dituding Kangkangi Peraturan Bupati no 16 tahun 2016

Baganbatu-Rohil ( mLI) Geliat pendaftaran Kepala Desa serentak tahap satu se kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang di mulai tanggal 16 sampai 24 pebruari 2016 masa pendaftarannya telah habis. Pedoman Panitia Pemilihan Kepala Desa kali ini semestinya disesuaikan dengan Peraturan Bupati Rohil no 1 tahun 2016, Permendagri nomor 112, dan Perda no 9 tahun 2015. di yakini cukup menjadi pedoman dalam bertata cara pemilihan kepala Desa.

Sekalipun sudah ada ketentuan-kententuan dan acuan dalam aturan tersebut namun ada saja celah untuk para panitia menggugurkan salah satu bakal calon kades gugur sebelum pemilihan dengan alasan tidak memenuhi kriteria atau persyaratan yang ada.

Hal ini terungkap saat salah satu  Balon kepala Desa, Suparmin 43 tahun (warga Desa Balam Jaya) yang gugur bersama dua temannya Lamin dan Franciskus Samosir harus tergerus oleh proses ferifikasi panitia pemilihan Kades sebelum berkasnya naik ke Pemerintahan Desa (Pemdes) di Bagan Siapi-api.

Ternyata yang diajukan ke Pemdes Bagan Siapi api hanya 5 calon,dan 3 calon  adalah perangkat Desa yang masih aktif.

Verifikasi panitia pemilihan kades serentak yang akan dilaksanakan mulai tanggal 16 sampai 24 pebruari 2016 ini dengan jelas telah mengkangkangi peraturan Bupati nomor 16 tahun 2016 tentang Perubahan kedua atas Peraturan Bupati no 1tahun 2016 tentang petunjuk teknis Pelaksanaan Pemilihan Penghulu Serentak.sesuai pasal 18 huruf M yang dinyatakan bahwa tidak berstatus sebagai pejabat Penghulu.

Sementara ke 5 calon yang didaftarkan adalah masih sebagai pejabat penghulu.seperti 1: Ramli masih menjabat sebagai Sekdes di kepenghuluan Balam Jaya.2 : Hermanto P, Kaur pembangunan, 3 Sahmelawati Kaur Trantib, 4:Agus Darius Nadapdap selaku panitia pemilihan Kades.

Pantauan Media ini di lapangan, hampir ratusan massa pendukung Balon KA Des (Suparmin) yang gugur dari ferifikasi  panitia pemilihan Desa ,mendatangi Kantor camat Balai Jaya, 7/3/2016 untuk mengadukan nasib jagoannya yang dinliai melenceng dari verifikasi panitia dan tealah menodai hak berdemokkrasi di Indonesia.

Suparmin menyebutkan, rasa keadilan dan berdemokrasi yang bebas dan bersih di Pilkades ini telah ternodai oleh Oknum panitia yang denganamata sengaja menggurkan kami peserta bakal calon kepala desa sebelum pemillihan, dan hal ini pihak kami yang tak lolos telah menyampaikan keluhan kepada pihak kecamatan agar dapat melakukan peninjauan kembali terkait ulah panitia yang tidak indenpenden, jelasnya kepada media Zonariau.com  7/3/2016.

Tak hanya itu, Supamin juga telah menyurati Bupati Rohil melalui Kabag Pemdes Kabupaten Rokan Hilir tertanggal 3 maret 2016. Dalam suratnya mnyampaikan  bahwa verifikasi yang dilakukan pihak panitia pilkades tidak sesuai dengan peraturan Bupati Rohil nomor 1 tahun 2016, pasal 25 poin A yang menyebutkan pengalaman kerja  di lembaga pemerintahan yang di buktikan dengan surat keputusan pengangkatan (lamannya bekerja dan secara terus menerus).

Helvin selaku Ketua panitia Pemilihan Kades Kepenghuluan Balam Jaya  mengatakan, bahwa apa yang dilakukan dalam verifikasi balon kades sudah cukup dan tidak lari dari acuan yang telah ada.

"jika bakal Calon tersebut merasa kurang puas, silahkan untuk ke Kabupaten (verifikasi Kabupaten)," ujarnya  tegas. (Alpian)

 

 

Submenu

 
 
 
 
 
Media Lintas Indonesia
Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI